Focus and Scope |
Editorial Team |
Reviewers |
Peer Review Process |
Author Guidelines |
Archiving Policy |
Indexing |
Contacs |
Peer Review Process
Proses peer review pada Global Journal of Educational Technology (GJET) dirancang untuk memastikan kualitas ilmiah dan orisinalitas artikel yang dipublikasikan. Semua artikel yang diserahkan akan melalui proses berikut:
Tahapan Peer Review:
- Pengajuan Artikel: Penulis menyerahkan artikel melalui sistem OJS. Artikel harus sesuai dengan pedoman penulisan yang telah ditetapkan oleh jurnal.
- Evaluasi Awal oleh Editor: Editor akan menilai apakah artikel sesuai dengan fokus dan ruang lingkup jurnal serta memenuhi standar dasar kualitas.
- Proses Double-Blind Peer Review:
- Artikel yang lolos evaluasi awal akan dikirimkan kepada dua atau lebih reviewer.
- Identitas penulis dan reviewer akan dirahasiakan untuk menjaga objektivitas.
- Reviewer akan menilai artikel berdasarkan orisinalitas, kejelasan metodologi, kontribusi ilmiah, serta kesesuaian dengan fokus jurnal.
- Keputusan Editorial: Berdasarkan rekomendasi reviewer, editor akan mengambil salah satu keputusan berikut:
- Diterima: Artikel diterima tanpa revisi atau dengan revisi ringan.
- Revisi Diperlukan: Penulis diminta untuk merevisi artikel sesuai dengan masukan reviewer.
- Ditolak: Artikel tidak memenuhi standar jurnal atau tidak sesuai dengan fokus jurnal.
- Revisi oleh Penulis: Penulis mengunggah versi revisi artikel melalui sistem OJS sesuai dengan masukan reviewer dan editor.
- Finalisasi: Editor akan melakukan evaluasi akhir sebelum artikel diterima untuk dipublikasikan.
Waktu Proses:
Proses peer review umumnya membutuhkan waktu 4–8 minggu, tergantung pada respons reviewer dan kompleksitas artikel.
Kebijakan Etika:
Proses peer review di GJET mematuhi standar etika publikasi, termasuk menjaga kerahasiaan, menghindari konflik kepentingan, dan menjunjung tinggi integritas ilmiah.