Implementasi Metode SAW (Simple Additive Weighting) Untuk Pemilihan Tempat Belajar TPQ

Authors

  • Saleh Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Andi Syam Aswandi Universitas Muhammadiyah Kolaka Utara

DOI:

https://doi.org/10.71234/gjet.v1i3.79

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Simple Additive Weighting, Pemilihan TPQ

Abstract

Pemilihan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sebagai tempat belajar anak seringkali dilakukan secara subjektif, sehingga keputusan yang diambil tidak sepenuhnya berdasarkan pertimbangan yang objektif dan terukur. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode Simple Additive Weighting (SAW) dalam membangun Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat memberikan rekomendasi pemilihan TPQ terbaik berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D) dengan tahapan identifikasi masalah, penentuan bobot kriteria, penyusunan matriks keputusan, normalisasi, perhitungan nilai akhir, hingga perangkingan alternatif. Kriteria yang digunakan meliputi kualitas pengajar, fasilitas belajar, biaya pendidikan, dan jarak dari rumah. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa TPQ An-Nur memperoleh nilai preferensi tertinggi (0.784), diikuti oleh TPQ Al-Furqan (0.764) dan TPQ Al-Ikhlas (0.760). Temuan ini menunjukkan bahwa metode SAW mampu menghasilkan keputusan yang objektif, transparan, serta fleksibel karena bobot kriteria dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

References

[1] H. Sa’adah, N. Nurhadi, D. Hilmi, and L. Ni’mah, “Indonesian Arabic Teachers Must Be Solutive In The Era Of Society 5.0,” Ta’lim al-’Arabiyyah J. Pendidik. Bhs. Arab Kebahasaaraban, vol. 6, no. 2, pp. 155–168, 2022, doi: 10.15575/jpba.v6i2.20236.

[2] Y. P. Dewi, F. Ar Rasyid, A. M. Fajar, and M. I. Malik, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik dengan Metode Simple Additive Weighting pada Kantor Kelurahan Ulujami,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 13, no. 2, p. 144, 2022, doi: 10.36448/jsit.v13i2.2814.

[3] G. Ning, “Evaluation Criteria for Quality Education of Physical Education Lessons Based on Logical Analysis,” Int. J. Emerg. Technol. Learn., vol. 16, no. 21, pp. 87–99, 2021, doi: 10.3991/ijet.v16i21.26867.

[4] A. Pradipta, M. Amin, A. Sumpala, and M. Sutoyo, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Lokasi Rumah Burung Walet (RBW) Menggunakan Metode AHP dan SAW,” J. Sains dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 157–166, 2019, doi: 10.34128/jsi.v5i2.187.

[5] R. Rachman, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting (Saw) Untuk Penilaian Karyawan Pada Kenaikan Jabatan,” J. Tekno Insentif, vol. 12, no. 2, pp. 21–27, 2019, doi: 10.36787/jti.v12i2.71.

[6] D. S. Saputro and R. Alit, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Berbasis Website Dalam Menentukan Penilaian Kinerja Perangkat Desa Claket,” Jeisbi, vol. 04, no. 04, pp. 187–199, 2023.

[7] M. N. Sutoyo and A. Paliling, “The Integration of DEMATEL and SAW Methods for Developing a Research Performance Assessment Model for Lecturers,” J. Appl. Data Sci., vol. 6, no. 2, pp. 1026–1036, 2025, doi: 10.47738/jads.v6i2.550.

[8] M. R. Ramadhan and M. K. Nizam, “Penerapan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Dalam Pemilihan Siswa-Siswi Berprestasi Pada Sekolah SMK Swasta Mustafa,” TIN Terap. Inform. …, vol. 1, no. 9, pp. 459–471, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.seminar-id.com/index.php/tin/article/view/655.

[9] I. M. S. Sundara, I. G. A. P. D. Putri, and I. N. Y. A. Wijaya, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting dalam Pemeringkatan Kinerja Keuangan Perusahaan Sektor Teknologi yang Terdaftar di Bei,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 10, no. 5, pp. 1159–1166, 2023, doi: 10.25126/jtiik.2023107329.

[10] W. Hidayat, A. Supriyatna, and W. Anugrah, “Penerapan Metode Simple Additive Weighting Untuk Rekomendasi Pemberian Reward Engineer On Site,” Digit. Transform. Technol., vol. 4, no. 2, pp. 1001–1011, 2025, doi: 10.47709/digitech.v4i2.5171.

[11] G. Mahendra et al., Implementasi Sistem Pendukung Keputusan: Teori & Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

Downloads

Published

2025-08-31