Rancang Bangun Aplikasi Kasir di Toko Bangunan Sinar Rappang Padang Sappa Berbasis Android

Authors

  • Sulkifli Sulkifli Universitas Andi Djemma Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.71234/gjet.v1i3.72

Keywords:

Aplikasi Kasir, Android, Rapid Application Development, Black Box Testing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi kasir berbasis Android pada Toko Bangunan Sinar Rappang Padang Sappa sebagai solusi terhadap permasalahan sistem transaksi manual yang masih digunakan. Metode pengembangan yang digunakan adalah Rapid Application Development (RAD) yang meliputi tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian. Aplikasi yang dihasilkan memiliki fitur utama berupa manajemen data barang, transaksi penjualan, pencetakan struk, serta laporan penjualan harian dan bulanan. Hasil pengujian menggunakan metode Black Box Testing menunjukkan seluruh fungsi aplikasi berjalan sesuai kebutuhan. Evaluasi pengguna memperlihatkan bahwa aplikasi dapat meningkatkan kecepatan transaksi, akurasi pencatatan, serta kemudahan dalam mengakses laporan penjualan. Dengan demikian, aplikasi ini mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi operasional toko bangunan

References

[1] D. V. Sivakumar, D. A. Iyappan, and S. Leelapriyadharsini, “Leveraging Communication Skills Through the Usage of Smart Phones Among the Students,” J. Soc. Sci. Res., vol. 5, no. 52, pp. 360–366, 2019, doi: 10.32861/jssr.52.360.366.

[2] S. A. Arnomo and H. Hendra, “Perbandingan Fitur Smartphone, Pemanfaatan Dan Tingkat Usability Pada Android Dan iOS Platforms,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 3, no. 2, pp. 184–192, 2019, doi: 10.30743/infotekjar.v3i2.1002.

[3] P. Z. Diana, R. Sulistiyono, Z. Zultiyanti, and D. Iswatining, “Development of android-based gamification for hikayat text learning,” Bahastra, vol. 44, no. 1, pp. 95–110, 2024, doi: 10.26555/bs.v44i1.711.

[4] N. H. Hanifah, M. Walid, C. A. Putri, L. N. Sinta, and D. E. A. F. Ningrum, “Development of Android-based ‘Pete’ Educational Game to Improve Elementary School Student Learning Outcomes in Social Science Learning,” Al Ibtida J. Pendidik. Guru MI, vol. 9, no. 2, p. 430, 2022, doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v9i2.11467.

[5] H. T. Sadiah and M. S. N. Ishlah, “Design of the Inventory Application of Cv Diva Karya Mandiri Using Rad (Rapid Application Development),” Int. J. Quant. Res. Model., vol. 4, no. 2, pp. 82–89, 2023, doi: 10.46336/ijqrm.v4i2.377.

[6] S. Nirsal, N; Mukhamad, FR; Syam, S; Selviana, R; Widianto, A; Gunawan, IMAG; Arsana, INA; Sutoyo, MN; Kurniadi, W; Sari, IK; Kasma, Buku Ajar Analisis dan Perancangan Sistem. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2025.

[7] M. Sutoyo, Perancangan Basis Data Implementasi Microsoft Visual FoxPro 9.0. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

[8] N. A. R. Rais and M. Muqorobin, “Analysis Of Kasir Applications In Sales Management Information Systems at ASRI Store,” Int. J. Comput. Inf. Syst., vol. 2, no. 2, pp. 40–44, 2021.

[9] R. Kusumawardhani, N. K. Ningrum, and R. Rinofah, “Investigating Digital Financial Literacy and its Impact on SMEs’ Performance: Evidence From Indonesia,” Int. J. Prof. Bus. Rev., vol. 8, no. 12, p. e04097, 2023, doi: 10.26668/businessreview/2023.v8i12.4097.

[10] Sudarnice, A. Eliyana, M. N. Sutoyo, and I. K. Sumerta, “Technology adoption in the measurement of innovation performance in SMEs: A systematic literature review,” J. Infrastructure, Policy Dev., vol. 8, no. 8, pp. 1–11, 2024, doi: 10.24294/jipd.v8i8.5138.

Downloads

Published

2025-08-29