Integrasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Media Pembelajaran Digital Interaktif Berbasis Web

Authors

  • Amisbah Ramly Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Abdul Syaban Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari
  • Vaira Indah Wahyuni Universitas Andi Djemma Palopo

DOI:

https://doi.org/10.71234/gjet.v1i3.69

Keywords:

Pancasila, Pembelajaran Digital, Media Interaktif, Sistem Berbasis Web

Abstract

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang mengandung nilai-nilai luhur sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Namun, penyampaian nilai-nilai tersebut dalam pembelajaran formal masih sering dilakukan secara konvensional dan kurang menarik bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web yang menyajikan materi nilai-nilai Pancasila secara lebih kontekstual dan adaptif terhadap perkembangan teknologi digital. Metode pengembangan sistem yang digunakan mencakup tahapan analisis kebutuhan, perancangan antarmuka dan basis data, implementasi sistem berbasis PHP dan MySQL, serta pengujian menggunakan teknik black-box. Aplikasi yang dibangun menyediakan fitur unggah materi dalam bentuk teks, gambar, dan video, kuis evaluatif, serta pencatatan riwayat nilai mahasiswa. Hasil implementasi menunjukkan bahwa media pembelajaran ini mampu meningkatkan keterlibatan mahasiswa, memperkuat pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila, dan memberikan kemudahan bagi admin dalam mengelola konten secara sistematis. Media ini berpotensi menjadi alternatif strategis dalam pendidikan karakter berbasis digital

References

[1] A. Aksenta et al., Literasi Digital: Pengetahuan dan Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 dan Siciety 5.0. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2023.

[2] J. Tirza and W. Cendana, “Social Media as an Appliance to Pancasila Education for the Young Generation,” J. Minfo Polgan, vol. 12, no. 1, pp. 183–190, 2023, doi: 10.33395/jmp.v12i1.12332.

[3] I. Bowo et al., Pengantar Ilmu Komputer. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2024.

[4] K. Kadirun and M. Sutoyo, “Kesiapan Guru Dalam Mengadopsi Teknologi Cloud Untuk Pengelolaan Materi Ajar,” Glob. J. Educ. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 9–16, 2024.

[5] K. Iin, M. Sutoyo, and U. Astuti, “Sistem Informasi Supervisi Akademik untuk Sekolah Dasar di Kabupaten Kolaka,” bit-Tech, vol. 7, no. 1, pp. 153–161, 2024, doi: 10.32877/bt.v7i1.1595.

[6] E. Z. Wityastuti, S. Masrofah, T. A. F. Haqqi, and U. H. Salsabila, “Implementasi Penggunaan Media Pembelajaran Digital di Masa Pandemi COVID-19,” J. Penelit. Inov., vol. 2, no. 1, pp. 39–46, 2022, doi: 10.54082/jupin.39.

[7] K. R. Dewi and F. L. S. Korompis, “Pemanfaatan Media Digital Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas X SMK Negeri 1 Busungbiu,” J. Learn. Technol., vol. 2, no. 1, pp. 26–32, 2023, doi: 10.33830/jlt.v2i1.5842.

[8] M. P. Ambara, “Pengembangan Sistem Informasi E-Learning Mendukung Proses Pembelajaran Jarak Jauh,” J. Ilm. Pendidik. Citra Bakti, vol. 7, no. 2, pp. 137–148, 2020, doi: 10.38048/jipcb.v7i2.95.

[9] I. Solikin, “Pengembangan Fitur Video Pembelajaran untuk Mendukung Meteri Pembelajaran Digital Secara Online pada SMK Miftahul Huda,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 4, no. 2, pp. 132–136, 2020, doi: 10.30871/jaic.v4i2.2641.

[10] N. D. Savitri, P. I. Putri, S. Wulandari, and Y. Alpian, “Analisis Efektivitas Penggunaan Multimedia Pembelajaran Digital Di Sekolah Dasar,” Js (Jurnal Sekolah), vol. 8, no. 2, p. 220, 2024, doi: 10.24114/js.v8i2.55977.

[11] N. Nirsal et al., Analisis dan Perancangan Sistem. PT. Sonpedia Publishing Indonesia, 2025.

[12] M. Sutoyo, Perancangan Basis Data Implementasi Microsoft Visual FoxPro 9.0. Deepublish Yogyakarta, 2018.

Downloads

Published

2025-08-10