Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Pemahaman Teknik Dasar Olahraga

Authors

  • Rosti Rosti Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Iyan Nurdiyan Haris Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Ilcham Ilcham Universitas Muhammadiyah Kendari

DOI:

https://doi.org/10.71234/gjet.v1i2.66

Keywords:

media pembelajaran video, teknik passing, psikomotorik, kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas media pembelajaran interaktif berbasis video dalam meningkatkan pemahaman teknik dasar passing bola voli pada mahasiswa sekolah menengah pertama. Media dikembangkan dengan menyajikan demonstrasi teknik secara visual yang dilengkapi narasi edukatif dan fitur interaktif, sehingga memungkinkan mahasiswa memahami gerakan secara utuh dan aplikatif. Penelitian menggunakan desain One Group Pretest-Posttest terhadap 43 mahasiswa dengan instrumen berupa tes kognitif dan lembar observasi psikomotorik. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai kognitif dari 58.16 menjadi 67.93, dan peningkatan skor psikomotorik dari 10.40 menjadi 11.98. Uji paired samples t-test menunjukkan perbedaan yang signifikan pada kedua aspek (p = 0,000), sedangkan korelasi berpasangan menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara skor sebelum dan sesudah perlakuan. Temuan ini menunjukkan bahwa media interaktif berbasis video dapat menjadi alternatif yang efektif untuk mendukung pembelajaran pendidikan jasmani berbasis teknologi.

References

[1] N. Saptadi et al., Kapita Selekta Teknologi Informasi. Sada Kurnia Pustaka, 2025.

[2] M. Monika, J. Bala, and S. Sunita, “Scope and Challenges of Multimedia in Education Sector,” Int. J. Multidiscip. Res., vol. 5, no. 3, pp. 1–6, 2023, doi: 10.36948/ijfmr.2023.v05i03.3868.

[3] D. D. Riana and I. Putriani, “The Development of Local Wisdom-Based CAI Media for Mathematics Learning at Elementary School,” J. Educ. Technol., vol. 5, no. 1, pp. 94–102, 2021, doi: 10.23887/jet.v5i1.29876.

[4] A. A. Setiyana, I. C. Sayekti, and S. Khanifah, “Peningkatan Hasil Belajar Murid dengan Media Video,” Educ. J. Educ. Res., vol. 4, no. 3, pp. 305–311, 2022, doi: 10.36654/educatif.v4i3.243.

[5] S. Syarifuddin et al., “Analisis Tingkat Keterampilan Guru Sekolah Dasar di Kota Bima dalam Pengembangan Pembelajaran Berbasis Media Interaktif,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Indones., vol. 4, no. 1, pp. 35–48, 2024, doi: 10.53299/jppi.v4i1.387.

[6] M. Marheni and K. Kusnadi, “Studi Literature: Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi berbasis Multimedia Interaktif pada Perguruan Tinggi,” Sustain. J. Kaji. Mutu Pendidik., vol. 5, no. 1, pp. 50–57, 2022, doi: 10.32923/kjmp.v5i1.2249.

[7] I. Suirta, I. Gading, and N. Suarni, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Berorientasi Kearifan Lokal Pada Muatan Ipa Topik Benda Tunggal Dan Campuran,” PENDASI J. Pendidik. Dasar Indones., vol. 6, no. 2, pp. 91–101, 2022, doi: 10.23887/jurnal_pendas.v6i2.1194.

[8] M. Bustanil S, Asrowi, and D. T. Adianto, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan,” JTP - J. Teknol. Pendidik., vol. 21, no. 2, pp. 119–134, 2019, doi: 10.21009/jtp.v21i2.11568.

[9] W. Wasito, “Pengembangan media pembelajaran al-Qur’an berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hafalan siswa,” J. Islam. Educ. Innov., vol. 3, no. 1, pp. 11–22, 2022, doi: 10.26555/jiei.v3i1.6109.

[10] I. Y. Nuranggraini, A. M. I. Puspita, and W. Nurmalasari, “Keefektifan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa,” Pedagog. J. Penelit. Pendidik., vol. 9, no. 2, pp. 155–163, 2022, doi: 10.25134/pedagogi.v9i2.6662.

[11] M. K. Wardani, R. L. Raharjo, and S. A. Raida, “Analisis Pembelajaran Biologi Melalui Film Animasi Hataraku Saibou,” Diklabio J. Pendidik. dan Pembelajaran Biol., vol. 5, no. 2, pp. 250–265, 2021, doi: 10.33369/diklabio.5.2.250-265.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles