Dampak Video Interaktif Berbasis TIK Terhadap Pemahaman Filosofis Pancasila

Authors

  • Dede Sopiandy Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Slamet Hariyadi Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Jasrudin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Farid Wajdi Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Keywords:

Video pembelajaran interaktif, teknologi informasi dan komunikasi, Pendidikan Pancasila

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) menghadirkan peluang inovasi dalam pembelajaran, termasuk pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh video pembelajaran interaktif berbasis TIK terhadap peningkatan pemahaman filosofis Pancasila pada siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experiment), menggunakan kelompok eksperimen dan kontrol. Instrumen penelitian meliputi tes pemahaman berupa pre-test dan post-test. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai pre-test pada kelompok eksperimen sebesar 52.3 meningkat menjadi 79.57 pada post-test, dengan peningkatan rata-rata sebesar 27.27 poin. Uji paired sample t-test menunjukkan nilai t sebesar -10.557 dan nilai signifikansi 0.000, yang membuktikan peningkatan tersebut signifikan secara statistik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa video pembelajaran interaktif berbasis TIK efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai filosofis Pancasila. Implementasi media pembelajaran berbasis teknologi ini direkomendasikan untuk mendukung pembelajaran berbasis nilai dan karakter di era digital

References

[1] M. Arridho, N. Sari, R. Ilham, and W. Amini, “Perkembangan Teknologi Dibidang Pendidikan,” COMSERVA Indones. J. Community Serv. Dev., vol. 2, no. 5, pp. 468–475, 2022, doi: 10.59141/comserva.v2i5.345.

[2] S. Sulkipani and E. El Faisal, “Dampak Potensial Bahan Ajar Berbasis Lingkungan Terhadap Pemahaman Peserta Didik Pada Pembelajaran PPKn,” J. Civ. Huk., vol. 5, no. 2, pp. 136–144, 2020, doi: 10.22219/jch.v5i2.11684.

[3] S. Sudarman and I. Vahlia, “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO INTERAKTIF BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) PADA MATA KULIAH TRIGONOMETRI,” J. Lentera Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 202–205, 2021.

[4] A. Fitrianingrum and U. Novianti, “Pemanfaatan Media Berbasis TIK pada Pembelajaran PAI Di SD,” J. Soc. Knowl. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 11–15, 2022, doi: 10.37251/jske.v3i1.398.

[5] Faisal Estu Yulianto, Bambang Kurnadi, Hasan Basri, Ukthi Raudhatul Jannah, and M. Zayyadi, “Model Inovasi Pembelajaran Mahasiswa Berkebutuhan Khusus (Mbk) Berbasis Video Bersubtitle,” Pi Math. Educ. J., vol. 4, no. 1, pp. 10–19, 2021, doi: 10.21067/pmej.v4i1.5138.

[6] E. Riani, T. Rejekiningsih, and E. B. Santosa, “Video Interaktif untuk Optimalisasi Kemampuan Bernalar Kritis Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 7, no. 2, pp. 1249–1257, 2024, doi: 10.54371/jiip.v7i2.3345.

[7] N. Prasanti et al., “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar,” ADMA J. Pengabdi. dan Pemberdaya. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 393–400, 2023, doi: 10.30812/adma.v3i2.2671.

[8] M. R. M. Gumelar, G. P. Dwiyanti, and A. Hadiapurwa, “Efektivitas Penggunaan Kuis Interaktif Berbasis Video Conference Terhadap Pemahaman Materi Pada Mahasiswa,” Inov. Kurikulum, vol. 18, no. 2, pp. 166–177, 2021, doi: 10.17509/jik.v18i2.36211.

[9] S. Syarifuddin et al., “Analisis Tingkat Keterampilan Guru Sekolah Dasar di Kota Bima dalam Pengembangan Pembelajaran Berbasis Media Interaktif,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Indones., vol. 4, no. 1, pp. 35–48, 2024, doi: 10.53299/jppi.v4i1.387.

[10] Mahlianurrahman and R. Aprilia, “Lokakarya Pengembangan Media Pembelajaran Video berbasis Kearifan Lokal pada Kurikulum Merdeka,” Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 4, p. 1377, 2022, doi: 10.20527/btjpm.v4i4.6119.

[11] F. Pratami et al., “Pengembangan E-Modul Interaktif: Penerapan Kearifan Lokal dan Profil Pelajar Pancasila dalam Materi Teks Argumentasi Kelas XI,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 7, no. 2, pp. 221–228, 2023.

[12] F. N. Zulfa and A. Prastowo, “Pemanfaatan Video Interaktif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Siswa Pada Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 5, no. 5, pp. 1833–1841, 2023, doi: 10.31004/edukatif.v5i5.5589.

[13] F. Sucito and M. F. Andanti, “Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Etika dan Moralitas untuk Tingkat SMP,” J. Penelitian, Pendidik. dan Pengajaran JPPP, vol. 5, no. 1, pp. 24–34, 2024, doi: 10.30596/jppp.v5i1.16524.

[14] N. M. G. A. A. Kemuda and I. G. B. K. Yasa, “Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Video Animasi Berbasis Doratoon,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 5, no. 1, pp. 8–16, 2024, doi: 10.37478/jpm.v5i1.3169.

[15] Y. A. Benufinit and E. S. Modok, “Implementasi Teks Prosedur Berbasis Video Interaktif Dalam Praktikum Sistem Operasi,” JTIK (Jurnal Tek. Inform. Kaputama), vol. 7, no. 1, pp. 188–196, 2023, doi: 10.59697/jtik.v7i1.63.

[16] E. Sukestini, A. N. Fatirul, and H. Hartono, “Problem Based Learning with ICT Based with Learning Creativity to Improve History Learning Achievement,” Mimb. Ilmu, vol. 26, no. 1, p. 60, 2021, doi: 10.23887/mi.v26i1.31486.

[17] T. Sugiarto, A. Ambiyar, W. Wakhinuddin, W. Purwanto, and H. D. Saputra, “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar: Metaanalisis,” Edukasi J. Pendidik., vol. 21, no. 1, pp. 128–142, 2023, doi: 10.31571/edukasi.v21i1.5419.

[18] Ulvi Aulia, Liza Efriyanti, and Azan Munardi, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Terhadap Hasil Belajar Bimbingan TIK Pada Kelas X Di SMAN 1 BATAHAN,” CENDEKIA J. Ilmu Sos. Bhs. dan Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 140–148, 2023, doi: 10.55606/cendikia.v3i1.677.

[19] Nurhairunnisah, I. Sentaya, Musahrain, and A. Safitri, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Guided Discovery Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit,” J. Pendidik. MIPA, vol. 12, no. 3, pp. 975–963, 2022.

[20] C. Maulani et al., “Kecerdasan Saja Tidak Cukup: Pentingnya Membangun Jiwa Nasionalisme pada Generasi Muda di Era Globalisasi dengan Pendidikan Pancasila,” Indo-MathEdu Intellectuals J., vol. 5, no. 3, pp. 3101–3110, 2024, doi: 10.54373/imeij.v5i3.1244.

Downloads

Published

2024-12-02