Pelatihan Pembuatan E-Modul Berbasis Digital untuk Guru SMP Negeri 1 Samaturu: Meningkatkan Kompetensi Teknologi dalam Pembelajaran
Keywords:
e-modul, kompetensi teknologi, pembelajaran digital, pelatihan guru, inovasi pendidikanAbstract
Pelatihan pembuatan e-modul berbasis digital bagi guru-guru di SMP Negeri 1 Samaturu bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknologi dalam pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai respons terhadap kebutuhan mendesak akan inovasi pembelajaran berbasis digital, khususnya dalam menghadapi tantangan era digitalisasi pendidikan. Metode pelatihan meliputi sesi teori dan praktik yang membekali peserta dengan pengetahuan dasar tentang e-modul serta kemampuan teknis dalam membuat dan mengimplementasikan e-modul menggunakan aplikasi seperti Microsoft PowerPoint dan Google Slides. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep e-modul, dengan kenaikan sebesar 80% pada tingkat pemahaman peserta. Selain itu, 85% peserta berhasil membuat e-modul yang interaktif dan mulai menggunakannya dalam kegiatan belajar mengajar. Penggunaan e-modul ini juga berdampak positif pada peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Meski terdapat beberapa kendala teknis, pendampingan lanjutan yang disediakan memungkinkan para guru untuk terus meningkatkan keterampilan dan memaksimalkan penggunaan teknologi dalam pembelajaran. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mendorong guru-guru untuk terus berinovasi dalam menggunakan media digital dalam pendidikan.
References
Arigiyati, T. A., Kusmanto, B., & Widodo, S. A. (2019). Validasi Instrumen Modul Komputasi Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 2(1), 23. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v2n1.p023-029
Ekawati, D., Gloriani, Y., & Mascita, D. E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi Digital Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Untuk Siswa Kelas Vii Di Smp. Jurnal Tuturan, 11(1), 46. https://doi.org/10.33603/jt.v11i1.6507
Khairani, E., Maksum, H., Rizal, F., & Adri, M. (2022). Validitas pengembangan modul pembelajaran berbasis project based learning pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 71. https://doi.org/10.29210/30031489000
Raharja, D. R. B., & Rokanta, S. A. (2023). Analisis Faktor-Faktor Keberhasilan Sistem E-Learning Menggunakan Model Delone Dan Mclean. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 240–246. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12359
Rahmawati, D., Purwanto, A., & Rahman, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Permasalahan Lingkungan dengan Pendekatan Problem Based Learning pad Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(2), 112–121. https://doi.org/10.21009/jrpk.092.08
Simaremare, J., & Thesalonika, E. (2022). Development of Early Grade Indonesian E-Modules Using the Kvisoft Flipbook Maker Application. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 7(2), 286–300. https://doi.org/10.25217/ji.v7i2.2678
Suastrawan, K. E., Suardana, I. N., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2021). The Effectiveness of Science E-Modules for Class VII Junior High Schools Based on Socioscientific Issues to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Journal of Science Education Research, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.21831/jser.v5i2.42877
Susanti, N., & Azhar, Y. (2020). Journal of Educational Sciences. Development of Contextual Based Electronic Global Warming Modules Using Flipbook Applications as Physics Learning Media in High Schools, 4(3), 541–559.
Taqiyyah, A. S. P., Budiharti, R., & Pujayanto, P. (2023). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Saintifik menggunakan Software Sigil pada Materi Fluida Statis. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika, 13(1), 39. https://doi.org/10.20961/jmpf.v13i1.50742
Zeng, J., Lin, I. J., Hoarau, E., & Dispoto, G. (2010). Productivity analysis of print service providers. Journal of Imaging Science and Technology, 54(6), 1–9. https://doi.org/10.2352/J.ImagingSci.Technol.2010.54.6.060401