Eksistensi Lapak Baca Kolaka Dalam Meningkatkan Literasi Generasi Muda Untuk Menyongsong Indonesia Emas 2045
DOI:
https://doi.org/10.71234/tenang.v2i1.67Keywords:
Krisis Literasi, Indonesia Emas, SDM, Kualitatif, Lapak BacaAbstract
Pada saat kita berusaha mengukir masa depan yang lebih cerah, krisis literasi muncul sebagai tantangan yang mendalam. Salah satu cerita inspiratif yang kami temui adalah kisah Lapak Baca Jalanan Kolaka di Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Mereka adalah komunitas yang berdedikasi untuk meningkatkan minat baca generasi muda di wilayah mereka. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan eksistensi Lapak Baca Kolaka dalam menyediakan sarana bacaan untuk meningkatkan literasi atau minat baca generasi muda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan analisis naratif dan analisis konten. Dengan menyediakan akses mudah dan fleksibel, berbagai jenis buku, tempat yang nyaman, pameran lukisan dan pentas seni budaya dan sastra, maka apa yang telah mereka lakukan dapat mendorong budaya membaca, membantu meningkatkan literasi dan wawasan generasi muda, sehingga SDM khususnya di wilayah Kolaka dapat meningkat sebagai bagian integral untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.
References
Bengkel & Isnaini, A. U. (2022). Meningkatkan Minat Baca dengan Membangun Budaya Literasi Pada Anak Panti. ABDISOSHUM Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 1(1), 60. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i1.494
Febriani, R., Kania, I. P., Yuliani, L., Islam, N. F., & Hopeman, T. A. (2023). Sosialisasi Pojok Baca Guna Menumbuhkan Minat Baca Anak di Desa Cikahuripan. Jurnal Abdi Nusa, 3(1), 51. https://doi.org/10.52005/abdinusa.v3i1.116
Fortunisa, A. (2022). The Impacts of Employee Mental Health in The Workplace: A Literature Review. Journal of International Conference Proceedings, 5(3). https://doi.org/10.32535/jicp.v5i3.1734
Meliyanti, M., & Aryanto, S. (2022). Upaya Pemerintah dalam Mendorong Kompetensi Literasi Guru melalui Program Beasiswa Microcredential di Teachers College Columbia University. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13840. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4666
Mubarokah, V. Z. (2021). Analisis Faktor – Faktor Penghambat Guru Dalam Materi Tanggung Jawab, Hak, Dan Kewajiban Pada Siswa Slow Learner. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.36312/jisip.v5i1.1732
Nursyamsiyah, S., & Jalil, A. (2020). Pendampingan Siswa Peningkatan Minat Baca Di Era Digitalisasi melalui Perpustakaan Keliling. JIWAKERTA Jurnal Ilmiah Wawasan Kuliah Kerja Nyata, 1(2), 48. https://doi.org/10.32528/jiwakerta.v1i2.5015
Saepuloh, A., & Salsabila, V. A. (2020). The Teaching Of Writing Recount Texts By Utilizing Padlet. Indonesian EFL Journal, 6(1), 45. https://doi.org/10.25134/ieflj.v6i1.2637
Sholeh, M. I. (2023). Strategi Efektif dalam Manajemen Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Tarbawi Ngabar Jurnal of Education, 4(2), 139. https://doi.org/10.55380/tarbawi.v4i2.462
Soedarto, T., & Hendrarini, H. (2019). Pengembangan Perilaku Petani Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Berbasis Teknologi Informasi Di Kabupaten Bangkalan Madura. In Scan /Scan. https://doi.org/10.33005/scan.v14i2.1486
Wulandari, A., & Hapsari, T. P. R. N. (2018). Pop-Up Legenda Sindoro Sumbing Berbasis Kearifan Lokal sebagai Media Literasi Siswa. Transformatika Jurnal Bahasa Sastra Dan Pengajarannya, 2(2), 130. https://doi.org/10.31002/transformatika.v2i2.929
Zusryn, A. S., Rofi’i, M., & Gani, A. N. (2021). Islamic financial literacy program in Generation Z Islamic senior high school students. Abdimas Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(4), 541. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i4.5365
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 TENANG : Teknologi, Edukasi, dan Pengabdian Multidisiplin Nusantara Gemilang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.