Pelatihan Pemanfaatan Media Desain CapCut sebagai Sarana Komunikasi Bisnis di Kelurahan Watubangga

Authors

  • Muhamad Stiadi Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Niar Astaginy Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Mustafa Mustafa Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Hendrik Hendrik Universitas Sembilanbelas November Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.71234/tenang.v2i1.54

Keywords:

pelatihan, komunikasi bisnis, CapCut, media desain, teknologi digital

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat Kelurahan Watubangga dalam memanfaatkan aplikasi CapCut sebagai sarana komunikasi bisnis. Sebagian besar peserta awalnya memiliki pemahaman yang terbatas mengenai desain grafis dan teknologi digital untuk pemasaran. Melalui pelatihan yang terdiri dari sesi teori dan praktik, peserta dilatih untuk menggunakan CapCut dalam membuat video promosi yang kreatif dan relevan. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan, di mana 95% peserta memahami prinsip dasar komunikasi bisnis dan 85% mampu mempraktikkan fitur utama CapCut. Peserta juga menunjukkan antusiasme tinggi dan memberikan masukan untuk pelatihan lanjutan. Kegiatan ini memberikan dampak positif, membantu masyarakat memanfaatkan teknologi secara produktif untuk mendukung aktivitas bisnis mereka. Keberlanjutan program ini disarankan dengan mengadakan pelatihan lanjutan dan menyediakan fasilitas pendukung untuk meningkatkan hasil yang lebih optimal.

References

Arianto, B. (2022). Peran Media Sosial Dalam Penguatan Komunikasi Bisnis Kewargaan di Era Ekonomi Digital. Jurnal Ekonomi Perjuangan, 4(2), 132–146. https://doi.org/10.36423/jumper.v4i2.1148

Firdaus, A., Rofi’i, A., Rohman, A. N., & Tsrif, M. (2024). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Promosi untuk Meningkatkan Daya Saing dan Tingkat Penjualan di Swalayan Surya Ponorogo. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi (JEBMA), 4(1), 107–115. https://doi.org/10.47709/jebma.v4i1.3481

Haryanto, H., Delfina, D., Jessica, J., Chang, J., & Quinn, F. (2022). Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Produktivitas, Efisiensi dan Pendapatan UMKM JHN Shop Batam. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 181–186. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.494

Hasbullah, Anggrawan, A., Sumadewa, I., Satria, C., & Rahmiati, B. (2022). Pelatihan Desain Kemasan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sikur. Jurnal Abdi Widya, 1(2), 73–78.

Hidayati, E., Nugroho, H. A., & Indrawati, N. D. (2019). Pelatihan Jiwa Kewirausahaan Dan Komunikasi Bisnis Dalam Bidang Kesehatan. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 2(1), 48–77. https://doi.org/10.31596/jpk.v2i1.25

Kristianto, A., Studi, P., Komunikasi, I., Sekolah, B., Ilmu, T., Buddha, A., & Lampung, J. (2023). Pengembangan Keterampilan Komunikasi Sebagai Kunci Kesuksesan Wirausaha: Studi Kasus Pelatihan Kewirausahaan Widiyanto 1* , Aris Setia Putra 2 , Kadek Dwiki G. 3 , Eka Prista. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 74–82.

Kristiyanto, D., Safitri, S., & Silvani, T. (2023). Pengabdian Masyarakat Pemanfaatan Google Business untuk membuat Media Sosial Terintegrasi. Media Abdimas, 3(2), 57–63. https://doi.org/10.37817/mediaabdimas.v3i2.2769

Mujahid, M. A., Hafiz, M. J., & Sari, A. M. (2022). Media Desain Komunikasi Visual Sebagai Penunjang Promosi Pada SMK Yuppentek 7 Tangerang. MAVIB Journal, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.33050/mavib.v3i1.1572

Nurmaelinda, & Ibnu Rusydi. (2023). Sosial Media Sebagai Standar Interaksi/Hubungan Bisnis Pada Era Digital Di Indonesia. Demagogi: Journal of Social Sciences, Economics and Education, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.61166/demagogi.v1i1.1

Patria, H., Fatchul Alam, M. A., Mulyadi, A., & Setyarko, A. (2023). The Influences of Digital Technology, Digital Literacy, and Digital Marketing On The Performance of SMEs in Bekasi. Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), 401–419. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i1.235

Pramono, S. A., Wahyuningsih, E. S., Sanggoro, H. B., Yulianto, P., & Darmawan, I. N. (2023). Pelatihan Online Pembuatan Iklan Layanan Masyarakat bagi Karang Taruna dengan Software Adobe Photoshop. SABAJAYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 64–68. https://doi.org/10.59561/sabajaya.v1i2.20

Saputro, J., Bani, A. U., Nugroho, F., & Kurnia, M. T. (2022). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Adobe Photoshop Pada Ibu PKK Dan Karang Taruna Di Kelurahan Pancoran Mas Kota Depok. Jurnal Pengabdian Masyarakat Singa Podium (JPMSIPO), 1(1), 14–25. https://doi.org/10.58965/jpmsipo.v1i1.3

Urva, G., Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.301

Utami, W. S., Faisal, M., & Saputra, A. D. (2023). Perancangan Desain Komunikasi Visual Perayaan HUT Kemerdekaan RI Pada Graha Gardenia. MAVIB Journal, 4(1), 101–112. https://doi.org/10.33050/mavib.v4i1.2517

Downloads

Published

2025-03-07

Issue

Section

Articles