Pelatihan Bahasa Inggris untuk Peningkatan Pelayanan Publik oleh Anggota Kepolisian Kecamatan Wundulako
Keywords:
Pelatihan bahasa Inggris, pelayanan publik, anggota kepolisian, komunikasi lintas bahasaAbstract
Pelatihan bahasa Inggris untuk anggota kepolisian menjadi semakin relevan di era globalisasi, terutama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik, khususnya di wilayah yang berpotensi menerima kunjungan internasional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi bahasa Inggris anggota kepolisian Kecamatan Wundulako melalui program pelatihan intensif. Pelatihan ini dirancang dengan pendekatan berbasis tugas dan simulasi, yang menekankan pada penggunaan bahasa Inggris dalam situasi nyata yang sering dihadapi anggota kepolisian, seperti memberikan arahan, menangani keluhan, dan menghadapi situasi darurat. Sebanyak 10 peserta yang merupakan anggota kepolisian setempat mengikuti pelatihan ini. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berbahasa Inggris peserta, yang diukur melalui pre-test dan post-test, dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 33,5%. Selain itu, hasil observasi selama simulasi juga menunjukkan bahwa peserta mampu menerapkan keterampilan bahasa Inggris mereka dengan lebih efektif dalam situasi yang relevan dengan tugas mereka. Peserta mengakui bahwa pelatihan ini memberikan manfaat besar, terutama dalam meningkatkan rasa percaya diri mereka dalam berinteraksi dengan warga asing. Dengan demikian, pelatihan ini berhasil mencapai tujuannya dan diharapkan dapat diterapkan di wilayah lain dengan situasi serupa untuk mendukung peningkatan pelayanan publik di kalangan aparat kepolisian.
References
Ayu, M., & Sari, F. M. (2022). Pelatihan Siswa/I Untuk Meningkatkan Kemampuan Tata Bahasa Inggris Dasar Melalui Website Grammar. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(1), 132. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i1.1916
Dwimawanti, I. H. (2004). (Salah Satu Parameter Keberhasilan Otonomi Daerah) Oleh : Ida Hayu Dwimawanti. Dialogue JIAKP, Vol.1(1), 109–116.
Juliarta, I. M. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Jurusan Keperawatan Poltekkes Denpasar. Jurnal Warta Desa (JWD), 3(1), 22–26. https://doi.org/10.29303/jwd.v3i1.111
Juliarta, I. M., Wirawan, I. G. N., & Astiari, K. (2023). Pelatihan Bahasa Inggris Dengan Metode Roleplay. Jurnal Warta Desa (JWD), 5(1), 25–29. https://doi.org/10.29303/jwd.v5i1.216
Miswaty, T. C., Syamsurrijal, Hadi, M. Z. P., & Ulfa, B. A. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris dan Pembukuan Keuangan bagi Masyarakat Desa Langko. Jurnal Pengabdian & Pemberdayaan Kepada Masyarakat, 1(2), 166–171.
Nurchaerani, M., Haryati, & Nursyamsi, F. (2021). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Di Masa Pandemi Melalui Pelatihan Bahasa Inggris Secara Daring. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.34306/adimas.v2i1.451
Nurhajati, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris SD Ramah Anak. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(1), 119–130. https://doi.org/10.29407/ja.v4i1.14275
Permana, D., Qomariyah, S. S., & Rizka, M. A. (2020). Pelatihan Keterampilan Berkomunikasi Bahasa Inggris Bagi Pramusaji Kedai di Kawasan Wisata Aik Berik. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.33394/jpu.v1i1.2546
Prastikawati, E., Wiyaka, & Budiman, T. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Bahasa Inggris Berbasis HOTS bagi Guru Bahasa Inggris SMP. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 47–54.
Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Siliwangi, 4(2), 335–343.
Subekti, A. S., & Rumanti, M. R. (2020). Pelatihan Bahasa Inggris untuk Guru Sekolah Dasar di Yogyakarta di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 1077–1086. https://doi.org/10.30653/002.202054.518
Widyaningrum, W., Sondari, E., & Mulyati. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Di Abad 21 Melalui Pendidikan dan Pelatihan. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35–44.