Pelatihan dan Pendampingan E-Commerce bagi UMKM di Batam: Membangun Ekosistem Digital yang Berkelanjutan

Authors

  • Nurul Hayaty Universitas Maritim Ali Haji
  • Nola Ritha Universitas Maritim Ali Haji

Keywords:

E-commerce, UMKM, pemasaran digital, transformasi digital

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Batam dalam memanfaatkan e-commerce sebagai strategi pemasaran digital yang efektif. Melalui pelatihan intensif dan pendampingan berkelanjutan, pelaku UMKM diberikan pemahaman mengenai konsep e-commerce, cara membuat dan mengelola toko online, serta strategi pemasaran melalui platform digital. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa para pelaku UMKM mampu mengadopsi teknologi e-commerce dengan baik, yang terbukti dari peningkatan penjualan sebesar 15-30% setelah program pendampingan. Meskipun beberapa peserta menghadapi tantangan dalam mempelajari aspek teknis di awal, dukungan pendampingan memungkinkan mereka untuk mengatasi kendala tersebut dan secara bertahap membangun ekosistem digital yang berkelanjutan. Pelatihan ini berhasil mendorong transformasi digital UMKM di Batam dan diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi perekonomian daerah.

References

Andrika, & Suroso, A. (2024). Pemberdayaan UMKM Melalui Pemasaran Digital : Pendekatan Praktis dan Strategis di Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Masyarakat (PENGAMAS), 1(1), 68–80. https://journal.ppipbr.com/index.php/pengamas/article/view/249%0Ahttps://journal.ppipbr.com/index.php/pengamas/article/download/249/232

Armada, S., Rozi, C., Hadityo, C. H., & Direja, D. S. (2024). Pemberdayaan UMKM Dengan Fokus Pada Peran Wanita : Inovasi Digitalisasi. Blantika: Multidisciplinary Jornal, 2(3), 311–316.

Bowo, F. A. (2023). Penguatan Umkm Melalui Pembayaran Digital: Strategi Digital Marketing Dalam Era Baru. Jurnal Studi Interdisipliner Perspektif, 22(2), 135–140.

Fachrurazi. (2024). PENGARUH PENERAPAN DIGITAL ENTREPRENEURSHIP PADA PELAKU UMKM TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN. 4(3), 908–919.

Fauzi, N., & Rosita, I. (2024). Pelatihan Digital Enterpreneur Bagi Kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah Maju Bersama Nagari Taram , Kabupaten Lima Puluh Kota Sumatera Barat. 3(1), 30–34.

Husna, L., & Putri, A. D. (2004). PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN MELALUI PEMANFAATAN MARKET PLACE Marketing Management Training Based on Electronic Transactions Through the Use of Market Place to Improve the. 6(1), 247–258.

Mardiana, Fahdillah, Y., Kadar, M., Hassandi, I., & R, M. (2024). Implementasi Transformasi Digital dan Kecerdasan Buatan Sebagai Inovasi Untuk UMKM pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Kewirausahaan (JUMANAGE), 3(1), 266–273. https://doi.org/10.33998/jumanage.2024.3.1.1552

Shevia, Nur Arafah, N., Kamilatunaimah, M., Huang, C., Fahlevi, R., Internasional Batam, U., & Gajah Mada Baloi Sei Ladi, J. (2022). Strategi Digital Marketing Menggunakan Media Sosial dan E-Commerce dalam Pengembangan Bisnis UMKM Yasmin’s Brownies. MANABIS (Jurnal Manajemen Dan Bisnis), 1(4), 259–271. https://journal.yp3a.org/index.php/manabis

Siregar, M. N. H., Aswan, N., Hasibuan, F. A., Batubara, H. D. A., & Fadhillah, Y. (2022). Pelatihan Entrepreneurship Untuk UMKM dan Pasar Elektornik Di Kecamatan Muara Batangtoru Kabupaten Tapanuli Selatan. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 49–55. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v1i3.132

Wulandari, A., Dompak, T., & Salsabila, L. (2024). TRANSFORMASI DIGITAL UMKM STUDI KASUS STRATEGI ADOPSI TEKNOLOGI. 6, 21–30.

Downloads

Published

2024-09-14

Issue

Section

Articles